Home - About - Sitemap - Contact - Link

Selasa, 02 Februari 2016

Berat Badan Ideal | Cara Hitung Berat Badan Ideal

Bagi semua orang, memiliki berat badan yang ideal adalah sebuah impian. Tapi, dengan pola makan dan pola hidup pada zaman yang modern ini, seperti adanya makanan junkfood, makanan instan dan cepat saji yang menggoda apakah mampu menahan keinginan Anda untuk tidak memakannya?? Apakah semua orang dapat menjaga berat badan ideal mereka? Yang pasti kebanyakan orang tidak mampu untuk tak tergoda dengan makanan seperti junkfood, cake, coklat,eskrim, dan makanan cepat saji lainnya. Nah, untuk menghitung berat badan yang ideal perlu mengacu pada tinggi badan. Dengan memiliki berat badan yang ideal pasti akan memberikan manfaat tersendiri buat Anda bukan?

Selain menunjang penampilan, memiliki berat badan ideal juga mencegah berbagai penyakit tumbuh di dalam tubuh. Orang dengan berat badan yang cenderung terlalu gemuk, akan lebih beresiko terserang berbagai penyakit, seperti diabetes, kolesterol, bahkan serangan jantung. Untuk itu, pola hidup sehat harus dimulai sejak dini, mengkonsumsi makanan secara seimbang dengan melakukan olahraga secara teratur bisa membuat hidup lebih sehat dengan tubuh yang ideal.
Salah satu cara untuk menghitung berat badan ideal ialah dengan Body Mass Index (BMI). Apa itu Body Mass Index (BMI)? Body Mass Index (BMI) merupakan pengukuran yang membandingkan berat dan tinggi badan seseorang. Meski nilai yang dihasilkan dari formula BMI bukan sebagai patokan jumlah lemak dalam tubuh, namun nilai BMI bisa dijadikan perkiraan apakah seseorang memiliki tubuh yang ideal dari perbandingan tinggi dan berat badannya. Formula BMI digunakan di seluruh dunia sebagai alat diagnosa untuk mengetahui problem berat badan seperti terlalu kurus, kurus, normal, atau gemuk. Pengelompokkan hasil BMI telah menjadi standar dan ditetapkan oleh WHO. Rumusnya adalah sebagai berikut :

IMT(BMI) = Berat Badan (Kg) / (Tinggi badan (m) x Tinggi badan(m))
Misalnya: BMI = (45) / (1.65) x (1.65) = 16.5

Jika perhitungan diatas sudah di dapat, maka selanjutnya masukkan kriteria hasil tersebut ke dalam kategori yang mana menutut IMT/BMI versi World Health Organisation (WHO) :

Ukuran
Keterangan
BMI < 18.5
underweight atau berat badan kurang, anda disarankan untuk meningkatkan olahraga dan makan makanan padat kalori dari jeniscomplex carbohidrat.
BMI 18.5 – 22.9
berat badan ideal, sangat bagus.
BMI 23 – 24.9
masuk kategori ideal, akan tetapi kategori ini masuk ke dalam kategori warning, sehingga anda perlu untuk menjaga pola makan dan perbanyak olahraga.
BMI 25 – 29.9
kondisi berat badan memasuki batas obesitas, segera bulatkan tekad untuk mulai program diet.
BMI >= 30
anda sudah termasuk kategori obesitas, berbagai penyakit siap menghampiri anda. Segera terapkan program diet lebih serius untuk mengatasinya.

Sedangkan hasil perhitungan BMI untuk orang di Asia Tenggara dikelompokkan sebagai berikut:

Kategori
BMI
Sangat kurus
Kurang dari 14,9
Kurus
15 - 18,4
Normal
18,5 - 22,9
Gemuk
23 - 27,5
Kegemukan
27,6 - 40
Sangat gemuk
Di atas 40

Nilai perhitungan dari formula BMI lebih cocok digunakan oleh orang dewasa. Untuk anak-anak, wanita hamil, dan orang yang sangat berotot, maka nilai BMI tidak dapat digunakan. Nilai BMI juga bisa menentukan besarnya risiko terkena penyakit akibat berat badan seperti jantung dan diabetes.
Untuk menghitung berat badan ideal juga bisa menggunakan rumus Brocha, adapun rumusnya adalah sebagai berikut :

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Powered by Kesya Herbal